Thursday, January 26, 2017

TEORI PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN

Teori Pembentukan Kedisiplinan

Disiplin yang baik didasarkan atas konsepsi-konsepsi tertentu, seperti konsep otoritarian, konsep permissive, dan konsep kebebasan terkendali. Berdasarkan tiga konsep disiplin tersebut, kemudian dikemukakan teknik-teknik alternatif pembinaan disiplin peserta didik.
Pertama, teknik external control, teknik ini adalah suatu teknik dimana disiplin peserta didik haruslah dikendalikan dari luar peserta didik. Menurut teknik external control ini peserta didik harus terus-menerus didisiplinkan, dan kalu perlu ditakuti dengan ancaman dan ganjaran. Ancaman diberikan kepada peserta didik yang tidak disiplin, semmentara ganjaran diberkan kepada peserta didik yang mempunyai disiplin tinggi.
Kedua, teknik inner control atau internal control, teknik ini kebalikan dari teknik diatas. Teknik ini mengupayakan agar peserta didik dapat mendisiplinkan diri sendiri. Dengan cara peserta didik disadarkan akan pentingnya disiplin. Sesudah sadar, ia akan mawas diri dan berusaha mendisiplinkan diri sendiri.
Jika teknik inner control ini yang dipilih oleh guru maka guru haruslah bisa menjadi teladan dalam hal kedisiplinan, sebaba guru tidaka akan dapat mendisiplikan peserta didiknya, jika guru sendiri tidak disiplin.
Ketiga, teknik cooperatit control, teknik aiani adalah antara pendidik dan peserta didik harus saling bekerja sama dengan baik dalam menegakkan disiplin. Guru dan peserta didik lazimnya membuat semacam kontrak perjanjian yang berisi aturan-aturan kedisiplinan yang harus ditaati bersama-sama. Saksi atas pelanggaran disiplin juga ditaati dan dibuat bersama.

#kreatif inovatif gembira

No comments:

Post a Comment