Tuesday, December 27, 2016

Salam pramuka

Salam pramuka mempunyai pengertian sebagai perwujudan dari sikap menghormati atau menghargai seorang pramuka kepada pramuka lainnya dengan menggukan tata cara dan kettentuan yang khusus.

Salam pramuka dimaksudkan seta berfungsu untuk melahirkan sikap disiplin, mempererat persaudaraan dan persatuan antara sesama anggota Gerakan Pramuka maupun kelangan di liar kepramukaan.

Salam pramuka terbagi menjadi 3 macam yaitu :

Salam biasa; Salam pramuka sebagai salam biasa adalah salam pramuka yang diberika kepada sesama anggota Gerakan Pramuka. Dalam pemberian sa;am biasa tidak ada ketentuan siapa yang harus memberikan salam pramuka terlebih dahulu.
Salam penghormatan; Salam pramuka sebagai salam penghormatan adalah salam pramuka yang diberikan kepada seseorang atau suatu yang dapat diberikan salam penggotmatan dengan menggunakan salam pramuka adalah:
Bendera merah putih saat dikibarkan dan diturunkan
Kepala negata dan wakil kepala negara, para duta negara,panglima tinggi, para mentri dan pejabat lainnya.
Jenazah yang sedang diusungkan  atau dikuburkan.
Lagi kebangsaan indonesia raya saat sedang dikumandangkan dalam acara resmi.
Saat hendak memasuki makam pahlwan.
Salam janji; Salam pramuka sebagai salam janji adalah salam pramuka yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka saat sedang dilantik Pemberian salam ini dilakukan saat anggota yang dilantik mengucapkan satya Pramuka (Trisatya atau dwisatya). Salam janji juga diberika saat pengucapan Satya Pramuka dalam acara Ulang janji.

       Kreatif inovatif gembira

No comments:

Post a Comment