Tuesday, December 27, 2016

Saka saka di indonesia


Satuan Karya Pramuka (SAKA) adalah wilayah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan , kemampuan dan keterampilan dan pengalaman pramuka dalam bidang kejujuran serta motifasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bakal bagi kehidupannya , serta bakal pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional

Satuan karya Bahari adalah wadah bagi pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menemukan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam. Satuan Karya ini membandingkan bidang Kelautan.

Saka bakti husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kepastian untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Saka bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Saka Bhayangkara ini merupakan Satuan Karya terbesar dan yang paling berkembang di Indonesia. Saka Bhayangkara ini sering disebut saka kepolisian.

Saka Dirgantara adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan (Udara) guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan diri dalam pembangunaan nasional. Satuan Karya ini membidangi bidang kediirgantaraan, umumnya saka ini hanya berada di wilayah yang memiliki potensi kedirgantaan, dengan kata lain memiliki landasan udara.

Saka Panduwisata adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dibidang kepariwisataan guna memumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Pariwisata yang dimaksud adalah segala sesuatu  yang berhubungan dengan wisata termasuk pengusahaan obyek dan dana tarik wisata serta usaha-usaha lain yang terkait dibidang tersebut.

Saka keluarga berencana (Kencana) adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk menigkatan pengetahuan keterampilan praktis dan dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana , keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan. Pembina Saka Kencana berada di bawah gerakan pramuka yang bekerjasama dengan badan keluarga gerencana nasional (BKKBN).

Saka taruna bumi adalah wadah bagi para kepemimpinan, pengetahuan, pengamalan, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga meraka dapat melaksanakan kegiatan nyara dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.

Saka telematika adalah satuan karya pramuka yang membidangi masalah teknologi dan informasi.

Saka wira kartika berupa saka rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007 Pembentukananya berdasarkan peraturan bersama Kepala Staff Angkatan Darat dengan Ketua Kawarnas Grakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan. Saka ini sering disebut saka TNI_AD.

No comments:

Post a Comment